Kamis, 06 Januari 2011

TUGAS SIM 6

pada tiap level manajemen. Sehingga kebutuhan koordinasi dan komunikasi juga meningkat.
Ketika sistem informasi telah dibuat, kebiasan pelaporan formal, setengah formal bahkan yang
informal dapat distandarisasikan. Arus informasi akan diatur berdasar tingkatan pemakainya.
Kriteria bagi sistem informasi manajemen yang tepat adalah sistem tersebut dapat memberikan
data yang cermat, tepat waktu dan penting artinya bagi perencanaan, analisis dan pengendalian
manajemen untuk mnegoptimalkan pertumbuhan perusahaan.
Komponen sistem informasi adalah seluruh komponen yang berhubungan dengan teknik pengumpulan data, pengolahan, pengiriman, penyimpanan, dan penyajian informasi yang dibutuhkan untuk manajemen, meliputi:
• Sistem Administrasi dan Operasional
• Sistem ini melaksanakan kegiatan-kegiatan rutin seperti bagian personalia, administrasi dan sebagainya dimana telah ditentukan prosedur-prosedurnya dan sistem ini harus diteliti terus menerus agar perubahan-perubahan dapat segera diketahui.
• Sistem Pelaporan Manajemen
• Sistem ini berfungsi untuk membuat dan menyampaikan laporan-laporan yang bersifat periodik kepada pengambil keputusan atau manajer.
• Sistem Database
• Berfungsi sebagai tempat penyimpanan data dan informasi oleh beberapa unit organisasi, dimana database mempunyai kecenderungan berkembang sejalan dengan perkembangan organisasi, sehingga interaksi antar unit akan bertambah besar yang menyebabkan informasi yang dibutuhkan juga akan semakin bertambah.
• Sistem Pencarian
• Berfungsi memberikan data atau informasi yang dibutuhkan dalam pengambilan keputusan sesuai dengan permintaan dan dalam bentuk yang tidak terstruktur.
• Manajemen Data
• Berfungsi sebagai media penghubung antara komponen-komponen sistem informasi dengan database dan antara masing-masing komponen sistem informasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar